18 Juni 2023

DUNIA ITU UNTUK EMPAT GOLONGAN

 

DUNIA ITU UNTUK EMPAT GOLONGAN

✨ Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

《 إِنَّمَا الدُّنْيَا لأَرْبَعَةِ نَفَرٍ: عَبْدٍ رَزَقَهُ اللَّهُ مَالاً وَعِلْمًا فَهُوَ يَتَّقِى فِيهِ رَبَّهُ وَيَصِلُ فِيهِ رَحِمَهُ وَيَعْلَمُ لِلَّهِ فِيهِ حَقًّا فَهَذَا بِأَفْضَلِ الْمَنَازِلِ وَعَبْدٍ رَزَقَهُ اللَّهُ عِلْمًا وَلَمْ يَرْزُقْهُ مَالاً فَهُوَ صَادِقُ النِّيَّةِ يَقُولُ لَوْ أَنَّ لِى مَالاً لَعَمِلْتُ بِعَمَلِ فُلاَنٍ فَهُوَ بِنِيَّتِهِ فَأَجْرُهُمَا سَوَاءٌ وَعَبْدٍ رَزَقَهُ اللَّهُ مَالاً وَلَمْ يَرْزُقْهُ عِلْمًا فَهُوَ يَخْبِطُ فِى مَالِهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ لاَ يَتَّقِى فِيهِ رَبَّهُ وَلاَ يَصِلُ فِيهِ رَحِمَهُ وَلاَ يَعْلَمُ لِلَّهِ فِيهِ حَقًّا فَهَذَا بِأَخْبَثِ الْمَنَازِلِ وَعَبْدٍ لَمْ يَرْزُقْهُ اللَّهُ مَالاً وَلاَ عِلْمًا فَهُوَ يَقُولُ لَوْ أَنَّ لِى مَالاً لَعَمِلْتُ فِيهِ بِعَمَلِ فُلاَنٍ فَهُوَ بِنِيَّتِهِ فَوِزْرُهُمَا سَوَاءٌ 》

"Sesungguhnya dunia itu untuk empat golongan:

1️⃣ Seorang hamba yang Allah karuniai harta dan ilmu, lantas ia bertaqwa kepada Rabb-nya, menyambung silaturahmi, dan mengetahui hak Allah. Ini merupakan kedudukan yang paling mulia.

2⃣ Seorang hamba yang Allah karuniai ilmu, namun tidak dikaruniai harta, lantas dengan niat yang jujur (tekad) ia berkata, 'Seandainya aku punya harta, sungguh aku akan beramal seperti amalannya si fulan'. Dengan niat seperti ini, maka pahala keduanya sama.

3⃣ Seorang hamba yang Allah karuniai harta, namun tidak dikaruniai ilmu, lantas ia membelanjakan hartanya secara serampangan tanpa bersandarkan dengan ilmu, tidak bertaqwa kepada Allah, tidak menyambung silaturahmi, dan tidak mengetahui hak Allah. Ini merupakan kedudukan yang paling buruk.

4⃣ Seorang hamba yang Allah tidak karuniai harta dan ilmu, lantas ia berkata, 'Seandainya aku punya harta, maka aku akan berbuat (berfoya-foya) seperti perbuatannya si fulan'. Dengan niat seperti ini, maka dosa keduanya sama."

📘 (HR. Tirmidzi 2325 dan dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wat Tarhib no. 16, 869)

👉 Kira-kira kita termasuk yang mana?

Artikel: www.pelajarmuslim.org

Komentar
0 Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar