13 November 2021

Hadits Arbain ke 19: Jagalah Allah, maka Allah akan Menjagamu


HADITS KE 19
JAGALAH ALLAH, MAKA ALLAH AKAN MENJAGAMU

عَنْ أَبِيْ العَبَّاسِ، عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: كُنْتُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا، فَقَالَ: (( يَا غُلَامُ! إِنِّيْ أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ: احْفَظِ اللَّهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللَّهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ، إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللَّهَ، وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ، وَاعْلَمْ أَنَّ الْأُمَّةَ لَوِ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوْكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ لَكَ، وَإِنِ اجْتَمَعُوْا عَلَى أَنْ يَضُرُّوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوْكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَيْكَ؛ رُفِعَتِ الْأَقْلَامُ، وَجَفَّتِ الصُّحُفُ )). رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ، وَقَالَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ.

وَفِي رِوَايَةِ غَيْرِ التِّرْمِذِيِّ: (( احْفَظِ اللَّهَ تَجِدْهُ أَمَامَكَ، تَعَرَّفْ إِلَى اللَّهِ فِي الرَّخَاءِ، يَعْرِفْكَ فِيْ الشِّدَّةِ، وَاعْلَمْ أَنَّ مَا أَخْطَأَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيْبَكَ، وَمَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ، وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ، وَأَنَّ الْفَرَجَ مَعَ الْكَرْبِ، وَأَنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا )).  

Dari Abul Abbas, Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata: Pada suatu hari, saya berada di belakang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau bersabda:

“Wahai nak, saya akan mengajarimu sebuah kalimat: Jagalah Allah, maka Allah akan menjagamu. Jagalah Allah, maka kamu akan mendapati-Nya di hadapanmu. Apabila kamu meminta, mintalah kepada Allah. Apabila kamu meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah.

Ketahuilah, seandainya sebuah ummat bersatu untuk memberikan suatu manfaat kepadamu, mereka tidak akan bisa memberikan manfaat kepadamu kecuali dengan sesuatu yang sudah Allah tetapkan untukmu, dan seandainya mereka bersatu untuk menimpakan suatu bahaya kepadamu, mereka tidak akan bisa menimpakan bahaya kepadamu kecuali dengan sesuatu yang sudah Allah tetapkan untukmu. Pena-pena sudah diangkat dan lembaran-lembaran sudah kering.”

(HR. Tirmidzi dan beliau mengatakan: Hadits hasan shahih)

Di dalam riwayat selain Tirmidzi, “Jagalah Allah, maka kamu akan mendapati-Nya di hadapanmu. Kenalilah Allah di saat lapang, maka Allah akan mengenalmu di saat susah.

Ketahuilah, apa-apa yang meleset darimu (tidak ditakdirkan kepadamu), tidak akan menimpamu, dan apa-apa yang akan menimpamu, tidak akan meleset darimu (itulah yang ditakdirkan kepadamu).

Ketahuilah, pertolongan itu bersama kesabaran, kelapangan itu bersama kesempitan, dan bersama kesusahan itu ada kemudahan.”

www.pelajarmuslim.org

Komentar
0 Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar