13 Juni 2021

Hadits Arbain Ke 6: Halal dan Haram



HADITS KE 6
HALAL DAN HARAM

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ اللَّهِ، النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: (( إنَّ الْحَلَالَ بَيِّنٌ، وَإِنَّ الْحَرَامَ بَيِّنٌ، وَبَيْنَهُمَا أُمُوْرٌ مُشْتَبِهَاتٌ لَا يَعْلَمُهُنَّ كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ، فَمَنِ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ فَقَدِ اسْتَبْرَأَ لِدِيْنِهِ وَعِرْضِهِ، وَمَنْ وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِي الْحَرَامِ، كَالرَّاعِيْ يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوْشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيْهِ، أَلَا وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى، أَلَّا وَإِنَّ حِمَى اللَّهِ مَحَارِمُهُ، أَلَّا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً، إذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ )). رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ، وَمُسْلِمٌ.

Dari Abu Abdillah, Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata: Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya ada perkara-perkara yang syubhat yang tidak diketahui kebanyakan orang. Barangsiapa yang menjauhi perkara-perkara yang syubhat, maka dia telah menjaga agama dan kehormatannya. 

Barangsiapa yang terjatuh ke dalam perkara yang syubhat, maka dia (akan) terjatuh ke dalam perkara yang haram, seperti penggembala yang menggembalakan (hewan gembalaannya) di sekitar daerah larangan, suatu waktu dia akan memasukinya.

Ketahuilah, setiap raja punya daerah larangan. Ketahuilah, daerah larangan Allah adalah apa-apa yang diharamkan-Nya. Ketahuilah, di dalam tubuh ada segumpal daging. Apabila baik, maka seluruh tubuh akan baik. Apabila buruk, maka seluruh tubuh akan buruk. Ketahuilah, (segumpal daging) itu adalah hati.”

(HR. Bukhari dan Muslim)

www.pelajarmuslim.org

Komentar
0 Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar