22 Mei 2019

Keadaan Makan dan Minum Ketika Adzan Shubuh


KEADAAN MAKAN DAN MINUM KETIKA ADZAN SHUBUH

أحوال الأكل والشرب مع أذان الفجر . 

للشيخ أ.د. سليمان الرحيلي.

ا•┈┈••✦••┈┈•ا

( لو أن الإنسان وَضَع سَحوره بين يديه وأذّن المؤذن -والمؤذن يؤذن على الوقت في غالب الظن- فهل له أن يأكل ؟

Kalau seandainya ada orang meletakkan santapan sahurnya dihadapannya dan muadzin mengumandangkan adzan -muadzin mengumandangkan adzan di waktu yang dianggap kuat sudah masuk waktu shubuh- maka apakah orang tadi boleh makan?

1- 🌴أما إن كان وَضَع السحور فقط = فإنه ليس له أن يأكل؛ لأن النبي ﷺ جعل أذان ابن أم مكتوم مانعًا من السحور. 

2- 🌴أما إذا شَرَع في الفعل فإنه يكمل ما شرع فيه ولا يبتدئ. 

1. Adapun kalau meletakkan santapan sahur saja, maka dia tidak boleh makan. Karena Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjadikan adzan Ibnu Ummi Maktum sebagai tanda sudah tidak boleh makan sahur.

2. Adapun kalau sudah mulai melakukan perbuatan itu maka dia boleh menyempurnakan perbuatannya dan tidak boleh memulai kembali.


ولهذا صورتان:

الصورة الأولى: أن يكون أَخَذ الإناء في يده، شَرَع في الطريق ليشرب، فأذّن المؤذن = هنا يُكمل فيشرب ما في الإناء.

الصورة الثانية: أن يكون رفع اللقمة إلى فيه، وهنا = يأكلها على الصحيح.
وهو قول جمهور أهل العلم: أنه يُلحَق هذا بهذا؛ بجامع تعلق النفس بكلٍّ مع بذل السبب والشروع في الفعل.

Masalah ini ada 2 gambaran:

1. Gambaran pertama: Orang tadi mengambil gelas di tangannya, dan mau meminumnya, lalu muadzin mengumandangkan adzan. Di sini dia boleh menyempurnakan perbuatannya dan minum dari gelas tersebut.

2. Gambaran kedua: Orang tadi mengangkat suapan makanan ke mulutnya. Di sini dia boleh memakannya (atas pendapat yang shahih). Dan itu adalah pendapat mayoritas para ulama': Karena ini ditambahkan dengan ini. Yaitu mencakup keinginan jiwa dengan semua yang bersamaan dengan pencurahan sebab (usaha) dan pemulaian perbuatan itu.

🔹أما الابتداء فلا يبتدئ: لا يمد يديه ليرفع لقمة ولا يرفع يديه ليرفع إناء؛ لأن النبي ﷺ قال: «إذا سمع أحدكم النداء والإناء على يده؛ فلا يضعه حتى يقصي حاجته منه» رواه أبو داود بإسناد صحيح.

🔸ومثله إذا كانت اللقمة قد رفعها إلى فيه فإن له أن يأكل، وقول النبي  السابق = قيد، يُراد به دفع ما عداه ، فلو كان الإناء على الأرض أو نحو هذا فإنه لا يأكل .

Adapun kalau memulai baru maka tidak boleh. Tangannya tidak boleh mengangkat suapan lagi dan tangannya tidak boleh mengangkat gelas lagi. Karena Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila salah seorang dari kalian telah mendengar adzan dan gelas ada ditangannya, maka janganlah meletakkannya sampai dia sudah memenuhi keinginannya." (HR. Abu Dawud dengan sanad shahih)

Dan contohnya adalah apabila suapan tersebut sudah diangkatnya ke mulutnya maka dia boleh memakannya. Dan sabda Nabi yang tadi peganglah!, yaitu beliau maksudkan untuk melarang yang lainnya. Kalau seandainya gelas ada di lantai atau selainnya maka dia tidak boleh makan.

[شرح كتاب الصيام من منار السبيل(ص٧٧_٧٨)]

[Syarah Kitaabush Shiyam min Manaaris Sabiil hal 77-78]
ا•┈┈••✦••┈┈•ا
قناة فوائد الشيخ أ.د.سليمان الرحيلي. 
t.me/Drsuleiman


Alih Bahasa: Hery Mulyadi

Artikel: www.pelajarmuslim.org
Komentar
0 Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar