30 April 2019

Macam-Macam Manusia dalam Menyambut Bulan Ramadhan


Macam-Macam Manusia dalam Menyambut Bulan Ramadhan


أقسام الناس في إستقبال شهر رمضان..

🔹قال الشيخ سليمان الرحيلي حفظه الله:

Berkata Syaikh Prof. Dr. Sulaiman Ar-Ruhaily hafizhahullahu ta'ala:

والناس في استقباله أقسام:

"Manusia dalam menyambut bulan Ramadhan ada berbagai macam:

 ▪فهل أنت من القسم الفَرِح بحضوره، لأنّه يزداد به قُربًا وزُلفى إلى ربّه -جل وعلا-؟ وهذا
شأن المؤمنين،{ يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ (57) قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ (58)}[يونس58-57].

Apakah engkau termasuk macam manusia yang gembira dengan kedatangan bulan Ramadhan, karena dengannya dapat menambah kedekatan kepada Rabb-nya yaitu Allah jalla wa 'ala?

Dan ini adalah keadaan orang-orang mukmin. "Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.

Katakanlah (Muhammad), 'Dengan karunia Allah dan rahmatnya hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan.'" (Yunus 57-58)

وعلى رأس هؤلاء حبيبنا ورسولنا صلى الله عليه وسلم ، يقول ابن عباس رضي الله عنه  : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل في كل ليلة فيُدارسه القرآن.

Dan tokoh mereka adalah yang sangat kita cintai dan sebagai Rasul kita yaitu Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhu berkata: "Dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah orang yang paling baik diantara manusia, dan dahulu beliau adalah orang yang paling baik dalam menyambut bulan Ramadhan ketika Malaikat Jibril menemui beliau di setiap malam untuk mengajari Al-Qur'an."

 ▪وصِنفٌ -يا عباد الله- يفرح برمضان، لا للعبادة والقُرب من الرحمن، وإنما من أجل حلاوة السّهَر في رمضان، ومن أجل العادات، ومن أجل المسلسلات وبرامج الفضائيّات، فتراه يسأل عند قدوم رمضان: ما هي المسلسلات التي ستُعرَض؟ وما هي المُسابَقات التي يُدعَى الناس للمشاركة فيها؟ ونحو هذا، وهذا -يا عباد الله- دليل على ضعف الإيمان ومرض القلب.

Dan ada macam manusia -wahai hamba Allah- yang gembira dengan bulan Ramadhan, bukan karena untuk ibadah dan mendekatkan diri kepada Ar-Rahman, akan tetapi hanya karena senang begadang di bulan Ramadhan, atau karena adat kebiasaan, atau karena sinetron serta acara-acara hiburan.

Maka engkau akan melihat mereka menanyakan ketika datangnya bulan Ramadhan: Apa sinetron yang akan ditayangkan? Apa perlombaan yang akan dilombakan yang mengajak orang-orang untuk mengikutinya? Dan juga yang lainnya.. dan ini -wahai hamba Allah- dalil yang menunjukkan akan lemahnya iman dan sakitnya hati."

قناة فوائد الشيخ أ.د. سليمان الرحيلي

t.me/Drsuleiman


Alih Bahasa: Hery Mulyadi

Artikel: www.pelajarmuslim.org
Komentar
0 Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar