19 Maret 2018

Manuskrip Jilid ke 5 dari Kitab as-Silsilah adh-Dho'ifah Karya Syaikh Al-Albani

Manuskrip Jilid ke 5 dari Kitab as-Silsilah adh-Dho'ifah Karya Syaikh Al-Albani, Beliau Tulis di atas Kertas Hadiah dan Kertas Kantong Beras.


ﻣﺨﻄﻮﻁ ﺍﻟﻤﺠﻠﺪ ﺍﻟﺨﺎﻣﺲ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻠﺴﻠﺔ ﺍﻟﻀﻌﻴﻔﺔ ﻛﺘﺒﻪ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﻋﻠﻰ ﻭﺭﻕ ﻫﺪﺍﻳﺎ ، ﻭﻭﺭﻕ ﻇﺮﻭﻑ ﺍﻷﺭﺯ

ﻗﺎﻝ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﻤﺤﺪﺙ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻣﺸﻬﻮﺭ ﺣﺴﻦ ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ:

ﺃﻭﻛﻠﻨﻲ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﺃﺭﺍﺟﻊ ﺃﺟﺰﺍﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻠﺴﻠﺔ ﺍﻟﻀﻌﻴﻔﺔ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﻄﺒﻊ، ﻓﻨﺎﻭﻟﻨﻲ ﺍﻟﻤﺠﻠﺪ ﺍﻟﺨﺎﻣﺲ ﻣﻦ ﺍﻟﻀﻌﻴﻔﺔ، ﻓﺄﺧﺬﺕ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﺑﺨﻄﻪ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﻄﺒﻊ، ﻓﻠﻤﺎ ﺃﺧﺮﺟﺘﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻜﻴﺲ ﻭﻧﻈﺮﺕ ﺑﻜﻴﺖ،

ﻓﺴﺄﻟﻨﻲ ﺍﻟﺸﻴﺦ َ ‏[ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ‏] ﻣﺎﻟَﻚ ؟َ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻣﺸﻬﻮﺭ : ﻓﻤﺎ ﺗﻜﻠﻤﺖ ، ﻭﺭﺃﻯ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﺪﻣﻮﻉ ﻓﻲ ﻋﻴﻨﻲ.

ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﻜﺘﺐ ﺍﻟﻀﻌﻴﻔﺔ ﺍﻟﺨﺎﻣﺲ ﻋﻠﻰ ﺃﻭﺭﺍﻕ ﻫﺪﺍﻳﺎ، ﻭﻋﻠﻰ ﻇﺮﻭﻑ ﺍﻟﺴﻜﺮ ﻭﺍﻷﺭﺯ ﺍﻟﻈﺮﻭﻑ ﺍﻟﺤﻤﺮﺍﺀ ﺍﻟﺘﻲ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺗﺰﻥ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺴﻜﺮ ﻭﺍﻷﺭﺯ.

ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻲ ﺍﻟﺸﻴﺦ: ﻛﺎﻥ ﻋﻨﺪﻱ ﺧﻴﻮﻁ ﺃﺿﻌﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺒﺮ، ﺛﻢ ﺃﺟﻌﻞ ﺍﻟﺨﻴﻮﻁ ﻋﻠﻰ ﻭﺭﻕ، ﻓﺘﺼﺒﺢ ﺍﻟﻮﺭﻗﺔ ﻣﺴﻄﺮﺓ ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻋﻨﺪﻱ ﻣﺎﻝ ﺍﺷﺘﺮﻱ ﻭﺭﻕ.

"Berkata Syaikh kami Al-'Allamah Al-Muhaddits Asy-Syaikh Masyhur Hasan -semoga Allah menjaga beliau-:

'Guru kami Syaikh Al-Albani -semoga Allah merahmati beliau- memberi aku tugas untuk memuroja'ah atau memeriksa kembali beberapa juz dari kitab as-Silsilah adh-Dho'ifah sebelum dicetak. Kemudian beliau menyerahkan kepadaku juz ke-5 dari kitab as-Silsilah adh-Dho'ifah. Lalu aku pun mengambil kitab tersebut yang beliau tulis dengan tangan beliau sendiri sebelum dicetak. Ketika aku mengeluarkannya dari kantong dan aku melihat kitab tersebut, maka aku pun menangis.

Lalu Syaikh -semoga Allah merahmati beliau- bertanya kepadaku: 'Kenapa engkau?'

Aku pun terdiam, dan Syaikh melihatku berlinang air mata.

Syaikh Al-Albani -semoga Allah merahmati beliau- menulis kitab as-Silsilah adh-Dho'ifah jilid ke-5 di atas kertas hadiah, serta kertas kantong gula dan beras yang berwarna merah yang digunakan orang-orang untuk menimbang gula dan beras.

Kemudian Syaikh berkata kepadaku: 'Aku punya benang-benang yang aku celupkan ke dalam tinta, lalu aku letakkan benang-benang itu di atas kertas, maka jadilah kertas yang bergaris.'

Syaikh juga berkata: 'Aku tidak punya uang untuk membeli kertas.' "

(diterjemahkan dari: http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=27279)

artikel: pelajarmuslim.org
Komentar
0 Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar